Contoh Surat Lamaran Kerja Untuk Sales Promotion Girl Motor (Fresh Graduate)

Sales Promotion Girl (SPG) Motor tak jarang sering kita jumpai dalam kehidupan sehari-hari. Ada banyak perusahaan atau badan usaha yang menggunakan jasa SPG Motor yang membagikan brosur atau memberikan informasi kepada calon customer. SPG Motor ini menjadi salah satu bagian dari perusahaan yang mempunyai peran yang penting karena pekerjaan ini adalah ujung tombak suatu perusahaan dalam memasarkan atau mempromosikan jasa atau barang (dalam hal ini motor) kepada masyarakat secara langsung.

Contoh Application Letter Untuk Sales Promotion Girl Motor (Fresh Graduate)

Menjadi seorang Sales Promotion Girl diperlukan kemampuan komunikasi yang baik dan pengetahuan yang baik karena biasanya calon customer akan memberikan beberapa pertanyaan terkait dengan informasi yang diberikan. Selain itu diperlukan kesabaran dan ketekunan untuk menjalankan posisi ini. Berpakaian yang rapi menjadi salah satu ciri khas untuk job ini dan menjadi salah satu daya tarik oleh calon customer. Sikap sopan dan ramah juga perlu dimiliki untuk menjadi seorang SPG Motor.

Nah untuk teman-teman yang baru pertama kali melamar kerja atau fresh graduate dan ingin melamar kerja sebagai SPG Motor, disini tanpakoma akan membantu kalian dengan berbagi informasi tentang beberapa contoh surat lamaran kerja untuk Sales Promotion Girl (Fresh Graduate) yang dapat kalian gunakan ketika melamar kerja untuk posisi ini. Selain surat lamaran kerja nantinya akan ada dokumen yang akan dilampirkan seperti CV untuk SPG, fotokopi KTP, fotokopi KK, fotokopi ijazah dan transkrip nilai serta dokumen pendukung lainnya.

Pada umumnya bagian-bagian surat lamaran pekerjaan seperti berikut.

  1. Tempat, tanggal pembuatan surat
  2. Jumlah berkas
  3. Maksud atau perihal surat
  4. Alamat surat
  5. Salam pembuka
  6. Pembuka surat
  7. Isi
  8. Penutup surat
  9. Salam penutup
  10. Tanda tangan dan nama pelamar


Contoh Surat Lamaran Pekerjaan

Dibawah ini contoh surat lamaran kerja untuk Sales Promotion Girl Motor yang dibuat berdasarkan informasi yang diperoleh baik melalui media cetak, media sosial, website dan berbagai informasi lainnya. Ada juga surat lamaran kerja yang dibuat berdasarkan inisiatif sendiri.


Tanpa Mencantumkan Informasi/Inisiatif Sendiri/Format Khusus Dari Perusahaan

Berikut contoh surat lamaran kerja yang dibuat berdasarkan informasi tapi tidak mencantumkan sumber informasinya. Contoh surat ini juga hampir sama dengan contoh surat yang dibuat berdasarkan atas inisiatif sendiri dan contoh surat ini juga hampir sama dengan format surat yang sudah ditentukan perusahaan atau badan usaha.

Contoh Application Letter Untuk Sales Promotion Girl Motor (Fresh Graduate) Tanpa Mencantumkan Informasi/Inisiatif Sendiri/Format Khusus Dari Perusahaan

Medan, 12 Juni 2021
Perihal     : Lamaran pekerjaan
Lampiran : 8 (delapan) berkas

Kepada Yth.
Pimpinan PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM)
Jl. Titi Papan No. 93
Medan


Dengan hormat,
Bersama dengan ini saya mengajukan lowongan pekerjaan di PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) sebagai Sales Promotion Girl Motor.

Berikut data singkat diri saya:

Nama         : .....
Tempat, tanggal lahir : .....
Pendidikan Terakhir : .....
Alamat         : .....
Email         : .....
No. HP         : .....

Saya adalah seorang fresh graduate lulusan .... Saat ini saya memiliki kesehatan yang baik. Saya dapat berkomunikasi dengan baik dan saya menyukai pekerjaan lapangan. Saya siap bekerja sebagai team maupun individu.

Sebagai bahan pertimbangan, berikut saya lampirkan beberapa dokumen antara lain sebagai berikut:
  1. Curriculum Vitae (CV)
  2. Fotokopi ijazah terakhir
  3. Fotokopi Kartu Tanda Penduduk (KTP)
  4. Fotokopi Kartu Keluarga (KK)
  5. Fotokopi SIM C
  6. Fotokopi Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK)
  7. Fotokopi Surat Keterangan Berbadan Sehat
  8. Pasfoto ukuran 4x6 (2 lembar)

Saya berharap Bapak/Ibu berkenan memberikan Saya kesempatan maju ke tahap tes tulisan dan tes interview agar Bapak/Ibu dapat lebih mengetahui lebih dalam tentang kemampuan dan potensi yang saya miliki.

Demikian surat lamaran ini Saya buat. Atas perhatian dan kebijaksanaan Bapak/Ibu, saya ucapkan banyak terima kasih.

Hormat saya,        

tanda tangan        

(Nama Pelamar Pekerjaan)


Baca juga : Contoh Surat Lamaran Kerja Sales Promotion Girl Yang Sudah Berpengalaman

Job Fair

Berikut contoh surat lamaran kerja yang dibuat berdasarkan informasi yang diperoleh melalui kegiatan job fair atau bursa kerja yang biasanya diselenggarakan baik dari pihak pemerintah maupun dari pihak swasta dengan mempertemukan antara perusahaan atau badan usaha yang sedang membuka lowongan pekerjaan dengan para pencari kerja dalam sebuah tempat.


Sawahlunto, 16 Mei 2021
Perihal  : Lamaran pekerjaan

Kepada Yth.
HRD Manager PT Astra Honda Motor (AHM)
Jl. Kubang Tangah No. 40
Sawahlunto


Dengan hormat,
Berdasarkan informasi yang telah saya dapatkan di Career Expo Sawahlunto pada tanggal 14 hingga 16 Mei 2021 mengenai lowongan pekerjaan di PT Astra Honda Motor (AHM). Melalui surat lamaran yang saya buat ini saya ingin mengajukan diri untuk melamar pekerjaan di perusahaan yang Bapak/Ibu pimpin guna mengisi posisi yang dibutuhkan yaitu sebagai Sales Promotion Girl Motor. Saya yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama         : .....
Tempat/Tanggal Lahir : .....
Jenis Kelamin         : .....
Pendidikan         : .....
Alamat         : .....
Telepon         : .....

Untuk melengkapi data yang diperlukan sebagai bahan pertimbangan Bapak/Ibu pimpinan, berikut saya lampirkan juga kelengkapan data diri :
  1. Daftar Riwayat Hidup / Curriculum Vitae
  2. Fotokopi KTP
  3. Fotokopi KK
  4. Fotokopi Ijazah Terakhir
  5. Fotokopi SKCK
  6. Fotokopi Surat Keterangan Berbadan Sehat
  7. Pasfoto terbaru ukuran 4x6 (2 lembar)

Demikian surat lamaran ini saya buat dengan sebenarnya. Atas perhatian dan kebijaksanaan Bapak/Ibu pimpinan, saya ucapkan terima kasih.

Hormat saya,        

tanda tangan        

(Nama Pelamar Pekerjaan)


Website

Berikut application letter untuk sales promotion girl motor (fresh graduate) yang dibuat berdasarkan informasi yang didapatkan melalui website atau situs baik itu website resmi perusahaan maupun website kumpulan lowongan pekerjaan seperti karir.com, blogo.id. jobs.id dan situs lainnya.


Bandung, 20 Maret 2021
Kepada Yth. 
Manajer HRD PT Cahaya Sakti Chandra Motor
Jl. Babakan Asih No. 78
Bandung


Dengan hormat,
Sesuai dengan informasi pada situs lowongan kerja https://www.jobstreet.co.id pada tanggal 19 Maret 2021, bahwa PT Cahaya Sakti Chandra Motor membutuhkan tenaga kerja sebagai Sales Promotion Girl Motor, maka yang bertanda tangan dibawah ini, saya:

Nama         : .....
Alamat         : .....
Tempat, Tanggal lahir : .....
Pendidikan Akhir         : .....
Nomor Handphone : .....
Email         : .....
Status Pernikahan         : .....

Bermaksud untuk melamar kerja di PT Cahaya Sakti Chandra Motor sebagai Sales Promotion Girl Motor. Bersama dengan ini, sebagai bahan pertimbangan saya lampirkan lampirkan berkas berupa :
  1. Daftar Riwayat Hidup
  2. Fotokopi KTP
  3. Fotokopi KK
  4. Fotokopi ijazah S-1 (legalisir)
  5. Fotokopi Transkrip Nilai (legalisir)
  6. Pasfoto terbaru

Demikian surat lamaran pekerjaan ini saya buat dengan sebenar-benarnya. Besar harapan saya untuk dapat bergabung pada perusahaan yang Bapak/Ibu pimpin. Atas perhatian Bapak/Ibu, saya ucapkan banyak terima kasih.

Hormat saya,        

tanda tangan        

(Nama Pelamar Pekerjaan)

Media Cetak

Selain media sosial, media cetak juga dapat digunakan sebagai dasar dalam memperoleh informasi dan digunakan sebagai dasar dalam membuat surat lamaran kerja. Informasi dari media cetak seperti dari brosur, pengumuman di mading, surat kabar, dll. Berikut contohnya.

Contoh Application Letter Untuk Sales Promotion Girl Motor (Fresh Graduate) Berdasarkan Informasi Dari Media Cetak

Ogan Komering Ulu Selatan, 25 Januari 2021
Hal: Lamaran pekerjaan

Kepada Yth.
HRD CV Duta Motor
Jl. Simpang Sender No. 74
Ogan Komering Ulu Selatan


Dengan hormat,
Berdasarkan dengan iklan surat kabar Harian Kompas pada tanggal 24 Januari 2021, CV Duta Motor sekarang sedang membuka lowongan pekerjaan. Bersama dengan surat lamaran pekerjaan ini, saya bermaksud mengajukan diri untuk bergabung di CV Duta Motor sebagai Sales Promotion Girl Motor.

Berikut ini adalah biodata singkat saya:

Nama         : .....
Tempat / tanggal lahir : .....
Jenis kelamin         : .....
Pendidikan terakhir         : .....
Alamat         : .....
No. telepon         : .....

Sekarang ini saya dalam kondisi sehat baik rohani serta jasmani, saya termasuk orang yang mudah bersosialisasi dan mudah beradaptasi dengan lingkungan dan hal-hal baru. Saya bersedia bekerja dilapangan dan bersedia lembur apabila diperlukan.

Untuk melengkapi persyaratan administrasi, berikut saya lampirkan beberapa dokumen pribadi saya antara lain sebagai berikut:
  1. Daftar riwayat hidup
  2. Fotokopi Kartu Tanda Penduduk (KTP)
  3. Fotokopi Kartu Keluarga (KK)
  4. Fotokopi Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK)
  5. Fotokopi ijazah terakhir
  6. Pasfoto ukuran 4x6 (3 lembar)

Demikianlah surat permohonan lamaran pekerjaan ini dibuat. Besar harapan saya agar Bapak/Ibu HRD dapat memberikan kesempatan kepada saya untuk interview kerja. Atas perhatian dan kebijaksanaan Bapak/Ibu, saya ucapkan banyak terima kasih.

Hormat saya,        

tanda tangan        

(Nama Pelamar Pekerjaan)


Media Sosial

Media sosial merupakan salah satu sumber dalam mendapatkan informasi lowongan pekerjaan contohnya melalui instagram, facebook, pinterest, dll. Nah media sosial ini dapat dijadikan sebagai dasar dalam pembuatan surat. Dibawah ini contoh surat lamaran kerja untuk SPG Motor (fresh graduate)


Subulussalam, 29 April 2021
Kepada Yth. 
HRD PT Suzuki Indomobil Motor
Jl. Cipar Pari No. 37
Subulussalam


Dengan hormat,
Berdasarkan informasi yang saya peroleh dari media sosial facebook group Lowongan Kerja Subulussalam & Sekitarnya pada tanggal 28 April 2021, bahwa perusahaan yang Bapak/Ibu pimpin sedang membutuhkan tenaga kerja untuk menempati posisi Sales Promotion Girl Motor. Dengan ini saya bermaksud untuk melamar pekerjaan pada posisi yang telah disebutkan di atas. Sehubungan dengan hal tersebut berikut saya cantumkan data diri saya :

Nama         : .....
Tempat, Tanggal Lahir : .....
Jenis Kelamin         : .....
Alamat         : .....
Pendidikan Terakhir : .....
Telepon         : .....

Sebagai bahan pertimbangan, berikut saya lampirkan beberapa persyaratan yang diminta oleh perusahaan :
  1. Pasfoto 3×4 berwarna terbaru sebanyak 2 (dua) lembar;
  2. Curriculum Vitae sebanyak 1 (satu) lembar;
  3. Fotokopi KTP sebanyak 1 (satu) lembar;
  4. Fotokopi KK sebanyak 1 (satu) lembar;
  5. Fotokopi Ijazah sebanyak 1 (satu) lembar; dan
  6. Fotokopi SKCK sebanyak 1 (satu) lembar.

Demikian lamaran pekerjaan ini saya buat. Besar harapan saya agar Bapak/Ibu HRD berkenan untuk mempertimbangkan saya guna menempati posisi yang telah disebutkan di atas. Atas perhatian dan waktu yang diluangkan oleh Bapak/Ibu, saya ucapkan terima kasih.

Hormat saya,        

tanda tangan        

(Nama Pelamar Pekerjaan)

Dari Seseorang

Salah satu sumber informasi yang dapat dijadikan sebagai dasar dalam pembuatan application letter untuk SPG Motor (fresh graduate) adalah informasi yang diperoleh dari seseorang. Informasi dari seseorang dapat melalui teman, keluarga dan lainnya. Berikut contoh suratnya.


Nias Barat, 2 Juli 2021
Perihal      : Lamaran Pekerjaan                  
Lampiran  : 6 (enam) berkas

Kepada Yth.
Kepala Personalia PT Mitra Berkat Abadi
Jl. Orahili Badalu No. 74
Nias Barat


Dengan hormat,
Berdasarkan informasi dari Bapak Agus Wahyudi yang memberitahukan bahwa PT Mitra Berkat Abadi perusahaan yang Bapak/Ibu pimpin memerlukan tenaga kerja dibidang Sales. Saya yang bertanda tangan dibawah ini :

nama         : .....
tempat / tanggal lahir : .....
agama         : .....
alamat         : .....
pendidikan         : .....
no. hp         : .....

Bermaksud untuk melamar pekerjaan dan mohon kiranya  diterima sebagai  karyawan  diperusahaan  yang  Bapak pimpin sesuai dengan posisi yang dibutuhkan yaitu sebagai Sales Promotion Girl Motor.

Sebagai bahan pertimbangan, bersama ini saya lampirkan :
  1. Daftar riwayat hidup ( Curriculum Vitae )
  2. Fotokopi ijazah terakhir yang telah dilegalisasi
  3. Fotokopi Kartu Tanda Penduduk
  4. Fotokopi Kartu Keluarga
  5. Surat Keterangan Catatan Kepolisian
  6. Pasfoto terbaru ukuran 4x6

Demikian surat permohonan lamaran kerja ini saya buat. Besar harapan saya untuk diterima diperusahaan Bapak/Ibu pimpin. Atas perhatian Bapak/Ibu, saya ucapkan banyak terima kasih.

Hormat saya,        

tanda tangan        

(Nama Pelamar Pekerjaan)


Bagi Anda yang ingin dibuatkan contoh surat lamaran pekerjaan seperti format diatas dan juga ingin dibuatkan curriculum vitae (daftar riwayat hidup), dapat menghubungi kami melalui:
Facebook    : Tanpakoma
Instagram    : @tanpakomaofficial
Email          : mr300592@gmail.com
Pembayaran dapat dilakukan pada saat ANDA DITERIMA KERJA dan dapat dibayar dengan SEIKHLASNYA. 😊😊😊


Akhir Kata

Demikianlah contoh surat lamaran kerja untuk Sales Promotion Girl (Motor) yang baik dan benar. Application letter ini merupakan bagian dari contoh surat lamaran kerja kategori penjualan & retail. Berhati-hati dalam memperoleh informasi lowongan pekerjaan. Ada juga beberapa oknum yang memanfaatkan kesempatan kepada orang yang mencari pekerjaan dengan meminta imbalan. Lowongan kerja yang baik itu biasanya lowongan kerja yang tidak memungut biaya atau gratis.

0 Response to "Contoh Surat Lamaran Kerja Untuk Sales Promotion Girl Motor (Fresh Graduate)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Bawah Artikel