Contoh Surat Lamaran Kerja Untuk Staff Payroll (Fresh Graduate)

Ada beberapa perusahaan atau badan usaha lainnya melalui program rekrutmen karyawan atau tenaga kerja yang saat ini sedang membuka lowongan pekerjaan bagi yang pertama kali melamar kerja (fresh graduate) untuk mengisi posisi staff payroll dalam rangka mengembangkan dan meningkatkan kinerja perusahaan. Pihak recruiter akan mencari calon karyawan/tenaga kerja yang siap ditempatkan pada posisi tersebut sesuai dengan kriteria yang diinginkan oleh perusahaan yang dalam hal ini perusahaan akan diwakili divisi rekruter.

Contoh Application Letter Untuk Staff Payroll (Fresh Graduate)

Untuk fresh graduate, sebagai salah satu langkah awal dalam melamar pekerjaan yaitu dengan membuat surat lamaran kerja. Nah kali ini tanpakoma akan berbagi beberapa contoh surat lamaran kerja untuk staff payroll (fresh graduate) yang nantinya kamu dapat pakai pada saat melamar pekerjaan untuk posisi tersebut.

Surat lamaran pekerjaan adalah surat permohonan yang dibuat seseorang dengan maksud untuk mendapatkan pekerjaan atau jabatan yang ditujukan kepada seseorang atau perusahaan yang dapat memberi pekerjaan atau jabatan. Surat lamaran kerja adalah surat pribadi yang bersifat pribadi namun dalam penulisannya harus menggunakan bahasa yang resmi/formal dan bahasa yang baku. Surat lamaran kerja untuk staff payroll termasuk contoh surat lamaran kerja untuk kategori akuntansi dan keuangan.

Pada umumnya bagian-bagian surat lamaran pekerjaan seperti berikut.

  1. Tempat, tanggal pembuatan surat
  2. Jumlah berkas
  3. Maksud atau perihal surat
  4. Alamat surat
  5. Salam pembuka
  6. Pembuka surat
  7. Isi
  8. Penutup surat
  9. Salam penutup
  10. Tanda tangan dan nama pelamar


Contoh Surat Lamaran Pekerjaan

Disini akan ditampilkan contoh surat lamaran kerja atau application letter untuk staff payroll yang dibuat berdasarkan inisiatif sendiri dan dibuat berdasarkan informasi lowongan pekerjaan yang diperoleh misalnya melalui media cetak, media sosial, website dan sumber referensi lainnya.


Inisiatif Sendiri

Berikut contoh surat lamaran pekerjaan untuk staff payroll (fresh graduate) yang dibuat atas inisiatif sendiri atau kemauan sendiri.

Contoh Application Letter Untuk Staff Payroll (Fresh Graduate) Berdasarkan Inisiatif Sendiri

Sibolga, 19 Juni 2021
Hal: Lamaran pekerjaan

Kepada Yth.
HRD PT Surya Madina
Jl. Pancuran Kerambil No. 753
Sibolga


Dengan hormat,
Bersama dengan surat ini saya mengajukan diri untuk bergabung di PT Surya Madina sebagai Staff Payroll.

Berikut, data pribadi singkat saya:

Nama         : .....
Tempat, tanggal lahir : .....
Pendidikan akhir         : .....
Status perkawinan         : .....
Alamat         : .....
Telepon (HP)         : .....
E-mail         : .....

Saya adalah seorang fresh graduate. Saat ini saya dalam kondisi jasmani maupun rohani sehat dan baik serta dapat berkomunikasi dengan baik. Saya termasuk orang yang teliti dan mendetail ketika melakukan suatu kegiatan dan pekerjaan.

Berikut, beberapa lampiran yang saya miliki untuk bisa menjadi bahan pertimbangan:
  1. Daftar riwayat hidup
  2. Fotokopi ijazah
  3. Fotokopi transkrip nilai
  4. Fotokopi kartu tanda penduduk
  5. Fotokopi kartu keluarga
  6. Fotokopi surat keterangan catatan kepolisian
  7. Fotokopi surat keterangan berbadan sehat
  8. Pasfoto terbaru

Demikian surat lamaran ini dibuat, saya berharap Bapak/Ibu HRD dapat meluangkan waktu agar memberikan kesempatan kepada saya untuk melakukan interview agar saya bisa menjelaskan lebih detail mengenai potensi dan kemampuan yang saya miliki.

Hormat saya,        

tanda tangan        

(Nama Pelamar Pekerjaan)


Dari Seseorang

Dibawah ini contoh application letter untuk staff payroll (fresh graduate) yang dibuat berdasarkan informasi yang diperoleh dari seseorang seperti teman, keluarga, kenalan, dll.


Nias Utara, 12 April 2021
Kepada Yth.
HRD Manager PT Bumi Menara Internusa
Jl. Ononamolo Alasa No. 49
Nias Utara


Dengan hormat,
Dengan adanya informasi yang saya dapatkan dari seorang teman saya yang bekerja di Perusahaan Bapak/Ibu, bahwa PT Bumi Menara Internusa sedang membutuhkan tenaga kerja sebagai Staff Payroll. Menanggapi informasi tersebut, dengan ini saya mengajukan diri untuk bergabung sebagai Staff Payroll di PT Bumi Menara Internusa. Adapun biodata saya seperti berikut:

Nama         : .....
Tempat/Tanggal Lahir : .....
Pendidikan Terakhir : .....
Alamat         : .....
No. Hp         : .....
Email         : .....

Dengan latar belakang pendidikan yang saya miliki, saya yakin dapat melakukan pekerjaan yang terbaik untuk kemajuan perusahaan. Saya juga mampu mengoperasikan software komputer seperti MS Office dan beberapa software lainnya.

Sebagai bahan pertimbangan, saya sertakan beberapa dokumen berikut:
  1. Daftar riwayat hidup / Curriculum Vitae
  2. Fotokopi ijazah S-1 
  3. Fotokopi transkrip nilai
  4. Fotokopi KTP
  5. Fotokopi KK
  6. Fotokopi SKCK
  7. Pasfoto ukuran 4x6 (2 lembar)

Demikianlah surat permohonan lamaran pekerjaan ini saya buat. Saya berharap Bapak/Ibu dapat mempertimbangkannya. Atas perhatian yang Bapak/Ibu berikan, saya ucapkan terima kasih.

Hormat saya,        

tanda tangan        

(Nama Pelamar Pekerjaan)


Job Fair

Berikut contoh surat lamaran kerja untuk staff payroll (fresh graduate) berdasarkan informasi dari job fair atau bursa kerja. Kegiatan job fair biasanya diselenggarakan oleh pihak pemerintah maupun swasta yang bertujuan sebagai tempat atau wadah bertemunya antara pencari kerja dengan perusahaan atau badan usaha yang membuka lowongan pekerjaan.


Rokan Hulu, 18 Februari 2021
Hal: Lamaran pekerjaan

Kepada Yth.
Kepala Personalia PT Domo Manajemen Grup
Jl. Bangun Purba No. 92
Rokan Hulu


Dengan hormat,
Sehubungan dengan informasi yang saya dapatkan dari Bursa Kerja (Job Fair), 16-18 Februari 2021 di Aula Rokan Hulu yang diadakan oleh Dinas Tenaga Kerja Rokan Hulu, PT Domo Manajemen Grup sedang membutuhkan seorang Staff Payroll. Dengan surat ini, saya yang bertandatangan di bawah ini :

Nama         : .....
Tempat & tanggal lahir : .....
Alamat         : .....
Jenis kelamin         : .....
Pendidikan terakhir         : .....
Nomor HP         : .....

Saya bermaksud untuk melamar pekerjaan untuk mengisi posisi tersebut. Walaupun saya belum mempunyai pengalaman kerja, namun saya yakin dan percaya bahwa tekad dan motivasi kerja yang saya miliki dapat memberikan dampak positif untuk kemajuan perusahaan. Bersamaan dengan surat lamaran ini saya lampirkan beberapa dokumen sebagai berikut :
  1. Daftar Riwayat Hidup (CV / Curriculum vitae )
  2. Fotokopi ijazah terakhir
  3. Fotokopi KTP
  4. Fotokopi KK
  5. Fotokopi SKCK
  6. Fotokopi Surat Keterangan Berbadan Sehat
  7. Pasfoto terbaru ukuran 3x4 (2 lembar)

Dengan demikian surat lamaran kerja ini saya buat dengan sebenar-benarnya. Saya pribadi sangat berharap bisa menjadi bagian dari PT Domo Manajemen Grup. Atas pertimbangan dan perhatian Bapak/Ibu, saya ucapkan terima kasih.

Hormat saya,        

tanda tangan        

(Nama Pelamar Pekerjaan)


Website

Website merupakan salah satu cara agar dapat memperoleh informasi pekerjaan, di zaman sekarang banyak perusahaan membuka lowongan pekerjaan dengan menginformasikannya melalui website atau situs baik itu website resmi perusahaan maupun kumpulan lowongan pekerjaan seperti id.indeed.com, jobs.id, karir.com, dll. Berikut contohnya.

Contoh Application Letter Untuk Field Collector (Fresh Graduate) Berdasarkan Informasi Dari Website

Bekasi, 23 Januari 2021
Kepada Yth. 
Pimpinan PT. Petra Garda Paramita
Jl. Jatikramat No. 40
Bekasi


Dengan hormat,
Berdasarkan informasi lowongan pekerjaan diwebsite https://www.karir.com pada tanggal 22 Januari 2021, bahwa di PT. Petra Garda Paramita membuka lowongan kerja di bagian Staff Payroll. Sehubungan dengan hal tersebut, saya bermaksud mengajukan permohonan lamaran pekerjaan di perusahaan yang Bapak/Ibu pimpin untuk mengisi posisi tersebut.

Di bawah ini adalah biodata singkat saya:

Nama         : .....
Tempat, tanggal lahir : .....
Pendidikan terakhir         : .....
Jenis Kelamin         : .....
Alamat         : .....
Telepon (HP) : .....
Email         : .....


Latar belakang pendidikan yang yang saya miliki sesuai dengan persyaratan yang tertera. Disamping itu, saya dapat mengoperasikan komputer dengan baik. Saya siap bekerja secara team maupun individu.

Untuk melengkapi persyaratan administrasi, maka bersama dengan ini saya lampirkan beberapa dokumen diantaranya:
  1. Curriculum Vitae (CV)
  2. Fotokopi ijazah terakhir
  3. Fotokopi transkrip nilai
  4. Fotokopi KTP
  5. Fotokopi KK
  6. Fotokopi SKCK
  7. Fotokopi Surat Keterangan Berbadan Sehat
  8. Fotokopi sertifikat
  9. Pasfoto ukuran 4x6 (2 lembar)

Demikian surat lamaran kerja saya buat, saya berharap dapat diberi kesempatan untuk mengikuti tahap selanjutnya. Atas perhatian dan kebijaksanaan Bapak/Ibu, saya ucapkan banyak terima kasih.

Hormat saya,        

tanda tangan        

(Nama Pelamar Pekerjaan)


Media Sosial

Media sosial juga dapat digunakan sebagai dasar dalam membuat surat. Media sosial sekarang selain memperoleh informasi tentang keadaan aktivitas sehari-hari, salah satu manfaat dari media sosial adalah sebagai wadah memperoleh informasi lowongan pekerjaan. Media sosial dapat berupa group loker facebook, instagram dll. Contohnya seperti berikut.


Banda Aceh, 30 Mei 2021
Perihal     : Lamaran pekerjaan
Lampiran : 6 (enam) berkas

Kepada Yth.
Manajer HRD PT Metrodata Electronics, Tbk
Jl. Deah Glumpang No. 72
Banda Aceh


Dengan hormat,
Sesuai dengan informasi adanya lowongan pekerjaan dari PT Metrodata Electronics, Tbk yang saya dapatkan dari group facebook Loker Banda Aceh & Sekitarnya pada tanggal 29 Mei 2021. Saya bermaksud untuk melamar pekerjaan dan bergabung ke dalam perusahaan yang Bapak/Ibu pimpin. Adapun bagian pekerjaan yang saya maksudkan adalah bagian Staff Payroll dengan kode (SP) di perusahaan PT Metrodata Electronics, Tbk.

Berikut ini adalah data singkat saya,

Nama : .....
Tempat / tanggal Lahir    : .....
Pendidikan Terakhir        : .....
Status : .....
Alamat : .....
Telepon (HP) : .....

Sebagai bahan pertimbangan, berikut saya lampirkan beberapa dokumen pendukung antara lain sebagai berikut:
  1. Curriculum Vitae (CV)
  2. Fotokopi Ijazah Terakhir
  3. Fotokopi Kartu Tanda Penduduk (KTP)
  4. Fotokopi Kartu Keluarga (KK)
  5. Fotokopi sertifikat kursus dan pelatihan
  6. Pasfoto terbaru

Kesempatan wawancara dari Bapak/Ibu Manajer HRD sangat saya harapkan agar saya dapat menjelaskan lebih rinci tentang potensi dan kemampuan saya.

Demikian surat lamaran ini. Atas perhatian dan waktu yang Bapak/Ibu luangkan, saya ucapkan terima kasih.

Hormat saya,        

tanda tangan        

(Nama Pelamar Pekerjaan)


Media Cetak

Selain Media Sosial, media cetak juga dapat digunakan sebagai salah satu sumber informasi lowongan pekerjaan. Media cetak seperti koran, brosur, dll. Dibawah ini contoh suratnya.


Penukal Abab Lematang Ilir, 27 Maret 2021
Perihal     : Lamaran pekerjaan
Lampiran : 8 (delapan) berkas

Kepada Yth.
HRD PT. Vista Maritim Indonesia
Jl. Talang Ubi Selatan No. 89
Penukal Abab Lematang Ilir


Dengan hormat,
Saya yang bertanda tangan di bawah ini

Nama         : .....
Tempat, tanggal lahir : .....
Jenis Kelamin         : .....
Agama         : .....
Alamat         : .....
Pendidikan terakhir         : .....
No. HP         : .....

Berdasarkan informasi yang saya dapatkan melalui koran harian Kompas pada hari Rabu, 27 Maret 2021 mengenai info lowongan pekerjaan dengan posisi Staff Payroll di PT. Vista Maritim Indonesia. Bersama dengan surat lamaran kerja ini, saya bermaksud mengajukan diri untuk mengisi posisi tersebut.

Sebagai bahan pertimbangan, saya juga lampirkan:
  1. CV atau daftar riwayat hidup
  2. Fotokopi ijazah dilegalisir
  3. Fotokopi transkrip nilai dilegalisir
  4. Fotokopi KTP
  5. Fotokopi KK
  6. Fotokopi SKCK
  7. Fotokopi Surat Keterangan Berbadan Sehat
  8. Pasfoto terbaru

Demikian surat lamaran pekerjaan ini saya buat dengan sebenar-benarnya. Atas perhatian Bapak/Ibu, saya ucapkan terima kasih.

Hormat saya,        

tanda tangan        

(Nama Pelamar Pekerjaan)


Bagi Anda yang ingin dibuatkan contoh surat lamaran pekerjaan seperti format diatas dan juga ingin dibuatkan curriculum vitae (daftar riwayat hidup), dapat menghubungi kami melalui:
Facebook    : Tanpakoma
Instagram    : @tanpakomaofficial
Email          : mr300592@gmail.com
Pembayaran dapat dilakukan pada saat ANDA DITERIMA KERJA dan dapat dibayar dengan SEIKHLASNYA. 😊😊😊


Akhir Kata

Demikianlah contoh surat lamaran kerja untuk staff payroll (fresh graduate) yang baik dan benar. Untuk pekerjaan ini Anda harus lebih teliti dan berhati-hati dengan perhitungan absen dan gaji karyawan karena pekerjaan ini adalah salah satu pekerjaan yang butuh konsentrasi lebih. Biasakan menghitung manual dan menggunakan excel agar skill Anda dapat dipakai nantinya.

0 Response to "Contoh Surat Lamaran Kerja Untuk Staff Payroll (Fresh Graduate)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Bawah Artikel