Cara Mengubah (Mengganti) Satuan Ukuran Inchi Ke Centimeter Pada Microsoft Word, Excel Dan Powerpoint

Pada artikel kali ini saya akan berbagi informasi tentang bagaimana cara mengubah (mengganti) satuan ukuran inchi ke centimeter pada microsoft word, excel dan powerpoint. Pada pengaturan ruler atau ukuran dimana biasanya pada pengaturan awal atau default program microsoft office biasanya masih menggunakan satuan inch.

Cara Mengubah (Mengganti) Satuan Ukuran Inchi Ke Centimeter Pada Microsoft Word, Excel Dan Powerpoint

Kebanyakan dari kita atau orang-orang yang berasal dari Indonesia biasanya menggunakan satuan centimeter sehingga banyak yang kesulitan apabila satuannya masih menggunakan inch.  Nah berikut cara mengubah atau mengganti satuan ukuran inchi ke centimeter pada microsoft word, excel dan powerpoint.

Cara Mengubah (Mengganti) Satuan Pada Microsoft Word

Untuk mengubah satuan ukuran yang ada di office word, berikut langkah-langkahnya.

  • Silahkan buka aplikasi microsoft word yang sering Anda pakai untuk mengetik
  • Untuk word versi 2010, 2013 atau diatasnya, Klik file pada menubar yang letaknya di pojok kiri bagian atas. Sedangkan untuk word versi 2007 ke bawah, klik icon office yang juga terletak di pojok kiri atas.
  • Setelah itu pilih options maka akan muncul tampilan menu option kemudian pilih Advanced dan akan terbuka menu atau bagian Advanced (berada disebelah kanan)

Cara Mengubah (Mengganti) Satuan Ukuran Inchi Ke Centimeter Pada Microsoft Word, Excel Dan Powerpoint
Menu Advanced

  • Di bagian atau menu Advanced, scroll kebawah sampai Anda menemukan kalimat show measurements in units of: Nah disamping kanan kalimat ini akan atau tulisan inch.
  • Untuk mengganti tulisan inch, pilih arah tanda ke bawah di samping tulisan inch. Nah akan tampil beberapa satuan yaitu Inches, Centimetres, Millimeters, Points, Picas. Silahkan pilih satuan yang ingin dipakai misalkan centimeter.
  • Apabila sudah memilih satuan centimeter, selanjutnya pilih OK.
  • Dengan selesainya langkah diatas, maka aplikasi word Anda sudah berada dalam ukuran centimeter dan ukuran ini tidak akan berubah apabila Anda membuka dokumen word baru. Apabila Anda ingin mengganti ke satuan ukuran lain misalkan ke satuan inch, silahkan ulangi langkah di atas.

Cara mengubah (Mengganti) Satuan Pada Microsoft Excel dan Powerpoint

 Untuk pengaturan Excel dan powerpoint, pengaturannya sama. Berikut langkah-langkahnya.

  • Buka control panel di laptop atau komputer Anda. Bagi Anda yang belum atau tidak mengetahui menu control panel. Ada beberapa cara yang dapat digunakan. Nah pada artikel kali ini saya menggunakan windows 10. Anda dapat menuliskan kata control panel di menu taskbar pencarian yang berada di pojok kiri bawah. Silahkan tuliskan control panel kemudian klik ikon control panel. 
  • Setelah berada di menu control panel, langkah selanjutnya adalah klik change date, time, or number formats kemudian Anda akan diarahkan menuju menu Region.

Untuk pengguna Windows 7, klik icon windows di side kiri bawah kemudian pilih control panel kemudian klik Clock, Language and Religion lalu pilih change the date, time, or number format lalu akan tampil menu Region and language. pada menu Region and Language pilih Additional Settings... selanjutnya langkahnya akan sama dengan pengguna Windows 7 dan Windows 10.

  • Di menu Region pilih Additional Settings... lalu akan tampil menu Customize Format.

Cara Mengubah (Mengganti) Satuan Ukuran Inchi Ke Centimeter Pada Microsoft Word, Excel Dan Powerpoint
Menu Region

  • Pada Customize Format, perhatikan Measurement system: Apabila Measurement yang tampil adalah U.S. maka silahkan ganti caranya dengan mengklik tanda arah kebawah disamping U.S. lalu pilih Metric kemudian pilih OK.
  • Nah, Aplikasi Microsoft Excel dan Powerpoint Anda sudah berada dalam ukuran centimeter.

Akhir kata, Demikianlah cara mengubah (mengganti) Satuan Pada Microsoft Word, Excel dan Powerpoint. Jika ada hal-hal atau langkah-langkah yang belum dimengerti, silahkan tinggalkan pertanyaan di kolom komentar. Semoga bermanfaat!

0 Response to "Cara Mengubah (Mengganti) Satuan Ukuran Inchi Ke Centimeter Pada Microsoft Word, Excel Dan Powerpoint"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Bawah Artikel