Perkembangan Minat Baca Siswa SMP di Sekolah

Akhir - akhir ini kebanyakan siswa yang enggan untuk baca buku di sekolah. Meliputi buku cerita maupun buku pelajaran. Sejak di pertemukkan dengan dunia maya yang serba elektronik dan canggih, maka para siswa  enggan untuk membuka buku nya sendiri. Hal ini perlu di perhatikan terlebih kepada orang tua masing- masing setiap siswa maupun dengan guru di sekolah. Dengan membaca kita semua bisa tau betapa pentingnya dengan membuka jendela dunia tatkala itu adalah sebuah buku.

Buku merupakan sebuah jendela wawasan untuk memperoleh seribu pengalaman. Perkembangan membaca ini khususnya siswa di tingkat SLTP sangat berkurang, dengan adanya perkembangan zaman yang semakin canggih ini. Semakin berkurang minat baca siswa maka semakin berkurang pula pengetahuan siswa dalam menangkap ilmu pengetahuan khususnya dalam meraih prestasi.

Seiring dengan perkembangan zaman yang semakin maju maka perlu di kaji bahwasanya membaca adalah faktor yg utama dan paling utama dalam menentukan prestasi siswa tentunya. Hal ini perlu di kaji kembali bahwasa nya pengetahuan adalah modal utama dalam sebuah capaian dlm bidang akademik siswa.

Bagaimana pun Siswa seharusnya menjadi ujung tombak di bangsa ini, tidak di pungkiri bahwa generasi muda kita adalah siswa - siswa di negeri ini. Untuk itu dalam mengantisipasi hal ini perlu di perhatikan kembali yang namanya pengetahuan itu tidak terlepas dari sebuah buku. Maka dari itu, membaca ini perlu di galakkan kembali agar prestasi siswa khusus nya siswa SLTP ini bisa mendongkrak prestasi yang luar biasa.

Semuanya butuh proses dalam menyikapi hal ini, tetapi tidak menutup kemungkinan bahwa segala sesuatu itu apabila di latih sejak dini maka suatu saat nanti bisa terlatih dalam hal nya membaca sebuah buku, entah buku bacaan novel, cerpen atau buku sekolah.  Sebagai siswa seharusnya lebih giat lagi dan jangan terpaku dengan dengan perkembangan zaman yang semakin canggih yang mana apabila tidak di imbangi dengan baik maka akan terjerumus ke hal yg tidak baik pula.

Begitupun dengan membaca serta dampak minat baca ini seharusnya menjadi tanggung jawab orang tua dan guru maupun masyarakat yang peka terhadap perkembangan minat baca di lingkungan kita khususnya. Hal ini apabila berkelanjutan maka sungguh miris akan terdampak pada kurang nya minat baca pada siswa SLTP khususnya.

Semua elemen - elemen lembaga  di sini sangat berarti bagi yang ingin memperbaiki serta menhimbau terhadap siswa - siswa yang ingin belajar dan belajar demi meraih gapaian suatu saat kelak nanti. Semua orang bisa berperan dalam mendidik seorang anak tidak harus di tumpukan pada guru saja, di sini semua elemen - elemen sangat berpengaruh demi memajukan generasi ke generasi yang lebih baik serta bisa mewujudkan prestasi yang gemilang.

Semua itu butuh perjuangan dalam mengawasi siswa dlm hal membaca, apalagi membaca adalah jendela pengetahuan sekaligus jendela wawasan dalam memperoleh niscaya arti pendidikan yang sesungguhnya. Gapailah asa di mulai dari membaca karena dengan membaca semua permasalahan bisa di pecahkan dengan baik.

Perkembangan ini semoga bisa membawa pengaruh yang baik dan bagus dalam meraih taraf membaca yang baik. Itu pun harus di mulai sejak dini agar tidak terbebani pada saat kelak nanti, yang mana seiring dengan perkembangan zaman yang serba modern ini.

( Oleh Dinisa, Founder Ruang Private Solo ).

Belum ada Komentar untuk "Perkembangan Minat Baca Siswa SMP di Sekolah"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel