Contoh Curriculum Vitae (CV) Merchandiser (Fresh Graduate)

Sebuah CV yang diberikan menjadi kesan pertama diri pelamar kerja, karena pihak recruiter akan melihat pelamar dari bentuk CV-nya. Pihak recruiter tidak menemui pelamar secara langsung sehingga menafsirkan pelamar dari CV dan dokumen yang dikirimkan. Membuat CV yang benar dan tepat akan meningkatkan kemungkinan dipanggil untuk ke tahap selanjutnya.

Contoh Daftar Riwayat Hidup Merchandiser (Fresh Graduate)

Seseorang yang sedang melamar pekerjaan harus mengetahui, komponen-komponen apa saja yang harus ada pada CV. Hal ini karena setiap perusahaan yang ingin merekrut karyawan pasti akan melihat CV-nya terlebih dahulu. Jika masih Anda masih mengalami kebingungan dalam menulis CV, disini tanpakoma akan berbagi contoh curriculum vitae yang dapat Anda jadikan sebagai salah satu referensi.

Pengertian, Tugas dan Tanggung Jawab Merchandiser

Merchandiser adalah sebuah profesi yang pekerjaan utamanya melakukan merchandising. Adapun merchandising itu sendiri adalah perihal bagaimana produk disajikan di toko. Hal ini mencakup harga, penempatan produk di ruang display, tata letak toko, papan nama, hingga event promosi. Semua kegiatan ini untuk mendorong pemasaran di titik penjualan. Bagian dari kegiatan merchandising, yaitu menampilkan produk dengan cara yang mudah ditemukan. Contohnya, display di toserba yang diatur berdasarkan kategori.

Pada umumnya beberapa tugas dan tanggung jawab untuk Merchandiser antara lain sebagai berikut:

  1. Melakukan merchandising/pemajangan/display product di outlet dengan baik.
  2. Merawat kondisi product yang ada di outlet dengan baik (membersihkan, kontrol ED, dll).
  3. Menjaga agar tidak terjadi OOS product dan segera koordinasikan dengan tim sales distributor, MS dan TL.
  4. Melakukan kunjungan rutin ke outlet sesuai permanent route.
  5. Melakukan report ke TL, MS by day, by week.
  6. Mencari tahu aktivitas kompetitor/informasi pasar dan laporkan.
  7. Bertanggung jawab terhadap sales outlet yang diberikan.

Pengertian CV dan Hal-Hal Yang Perlu Diperhatikan Dalam Penulisan CV

Pengertian Curriculum Vitae (CV) atau Daftar Riwayat Hidup

Curriculum vitae atau yang sering disingkat dengan CV dalam Bahasa Indonesia adalah daftar riwayat hidup. CV adalah suatu dokumen yang memberikan gambaran singkat mengenai pengalaman seseorang beserta kualifikasi lainnya. Nantinya CV ini akan menjadi salah satu dokumen lampiran dalam surat lamaran kerja merchandiser.

Di beberapa negara, CV biasanya merupakan suatu hal utama yang diminta oleh sebuah perusahaan kepada pencari kerja dan CV sering digunakan untuk menyaring pelamar kerja, baik secara online atau offline, dalam proses perekrutan, dan biasanya kemudian dilanjutkan dengan tahap wawancara atau tahap seleksi lainnya.

Hal-Hal Yang Perlu Diperhatikan Dalam Penulisan CV

Bagi Anda yang baru pertama kali melamar kerja atau biasanya disebut fresh graduate, Beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam penulisan atau pengisian curriculum vitae antara lain sebagai berikut.

Data Diri dan Informasi Kontak

Informasi paling penting dari daftar riwayat hidup adalah data diri pelamar kerja itu sendiri. Data ini berisi nama lengkap, tempat tanggal lahir, alamat, nomor telepon, jenis kelamin dan alamat email. Pastikan nomor telepon yang tercantum masih aktif. Sebagai saran, buat alamat email dengan nama asli agar terlihat profesional. Saat ini, akun media sosial juga banyak diminta untuk dicantumkan karena sebagian besar perekrut juga melihat rekam jejak pelamar dari aktivitasnya di dunia maya.

Deskripsi Diri/Tentang Saya/Profil

Deskripsi diri adalah tulisan yang menjelaskan tentang diri sendiri untuk tujuan tertentu. Dalam penulisan deskripsi diri di lamaran kerja, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, diantaranya adalah struktur penulisan, jumlah kata dan kandungan informasi dalam tulisan. Struktur penulisan harus singkat padat. Selain itu tulisan tidak dibuat bertele-tele apalagi mencantumkan informasi-informasi yang kurang penting.

Riwayat Pendidikan

Tulis riwayat pendidikan hingga ke jenjang yang paling akhir. Namun tidak perlu semua jenjang pendidikan ditulis. Umumnya, untuk melamar pekerjaan, informasi mengenai pendidikan Sekolah Dasar tidak begitu dibutuhkan. Cukup tuliskan dua tingkat pendidikan terakhir yang Anda tempuh beserta nama institusinya. Jika menuliskan riwayat pendidikan di tingkat universitas, cantumkan juga jurusan yang diambil beserta nilai IPK dan tahun kelulusanmu.

Pengalaman Kerja

Apabila fresh graduate yang belum punya pengalaman kerja, pengalaman kerja ini bisa Anda ganti dengan pengalaman dalam berorganisasi, pengalaman magang, pengalaman pelatihan kerja, pengalaman seminar.

Untuk pengalaman organisasi jelaskan posisi dan masa jabatan, nama kampus/organisasi, job desk atau tugas dan tanggung jawab. Apabila Anda punya beberapa pengalaman organisasi, maka urutkan paling atas tahun terbaru dan paling bawah tahun sebelumnya.

Untuk pengalaman magang tuliskan posisi dan masa magang, nama perusahaan, job desk atau tugas dan tanggung jawab. Apabila Anda punya beberapa pengalaman magang, maka urutkan paling atas tahun terbaru dan paling bawah tahun sebelumnya.

Untuk pengalaman seminar tuliskan nama seminar dan waktu, nama kampus/penyelenggara, deskripsi singkat tentang materinya. Apabila Anda punya beberapa pengalaman pelatihan kerja, maka urutkan paling atas tahun terbaru dan paling bawah tahun sebelumnya.

Untuk pengalaman pelatihan kerja tuliskan nama dan waktu pelatihan, nama penyelenggara, deskripsi singkat tentang materinya. Apabila Anda punya beberapa pengalaman seminar, maka urutkan paling atas tahun terbaru dan paling bawah tahun sebelumnya.

Kemampuan, Keterampilan Atau Skill

Keterampilan utama dapat dibagi menjadi 2 kelompok:

  • Hard Skill – Keterampilan yang dimiliki karena pendidikan atau melalui kursus seperti bahasa asing, penulisan, analisis data, pengetahuan umum.
  • Soft Skill – Diperoleh karena pengalaman pribadi dan profesional seperti dedikasi, kemampuan kerjasama tim, kesadaran diri, komunikasi.

Contoh Curriculum Vitae (CV)/Daftar Riwayat Hidup Merchandiser Untuk Fresh Graduate

File yang Anda unduh/download melalui google drive yaitu jenis file dalam bentuk (.rar). Silahkan filenya di download kemudian di extract menggunakan winrar untuk mendapatkan file wordnya.

Berikut contoh template curriculum vitae (cv)/daftar riwayat hidup Merchandiser untuk fresh graduate yang ke-1.

contoh 1 daftar riwayat hidup merchandiser untuk fresh graduate

download

Dibawah ini adalah contoh template curriculum vitae (cv)/daftar riwayat hidup Merchandiser untuk yang baru pertama kali melamar pekerjaan yang ke-2.

contoh 2 daftar riwayat hidup merchandiser yang baru pertama kali melamar pekerjaan

download

Berikut merupakan contoh template curriculum vitae (cv)/daftar riwayat hidup Merchandiser tanpa pengalaman kerja yang ke-3.

contoh 3 daftar riwayat hidup merchandiser tanpa pengalaman kerja

download

Akhir Kata

Demikianlah contoh Curriculum Vitae (CV) Merchandiser Fresh Graduate yang baik dan benar. Keberadaan curriculum vitae sangat krusial di mana kesan pertama perusahaan mengenai kandidat pelamar akan terlihat dari data-data didalam curriculum vitae. Melalui CV ini Anda akan memperkenalkan diri kepada perusahaan; Mengklasifikasikan pelamar berdasarkan jenjang pendidikan dan pengalamannya; Mengetahui kemampuan dan keterampilan pelamar.

0 Response to "Contoh Curriculum Vitae (CV) Merchandiser (Fresh Graduate)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Bawah Artikel