Contoh Surat Lamaran Kerja Untuk Sales Marketing (Fresh Graduate)

Melalui program rekrutmen untuk karyawan baru, Ada banyak perusahaan atau badan usaha membuka lowongan pekerjaan terbaru dalam rangka mendapatkan calon karyawan atau tenaga kerja yang nantinya disiapkan untuk mengisi atau menempati posisi yang dibutuhkan. Dengan diadakannya lowongan pekerjaan ini, tentunya pihak perusahaan atau badan usaha mendapatkan kandidat yang terbaik yang sesuai dengan kualifikasi yang telah ditentukan dalam mengisi posisi tersebut.

Nah bagi kalian yang masih fresh graduate atau yang pertama kali melamar pekerjaan untuk posisi sales marketing, disini tanpakoma akan berbagi contoh surat lamaran kerja untuk sales marketing (fresh graduate) yang nantinya kalian dapat gunakan pada saat kalian apply pekerjaan untuk posisi sales marketing. Kalian tinggal mengedit dan memasukkan data kalian.

Contoh Application Letter Untuk Sales Marketing (Fresh Graduate)

Surat lamaran pekerjaan adalah surat yang dibuat oleh pencari kerja atau pelamar kerja yang ditujukan kepada orang, badan, lembaga, organisasi atau perusahaan dengan harapan dapat mendapatkan pekerjaan atau jabatan. Surat lamaran pekerjaan merupakan surat lamaran pribadi yang bersifat resmi sehingga menggunakan bahasa yang baku dan formal. Secara umum, sistematika surat lamaran pekerjaan terdiri dari Tempat dan tanggal pembuatan surat, lampiran dan hal, alamat surat, salam pembuka, alinea pembuka, isi, penutup, salam penutup, tanda tangan dan nama terang.

Contoh Surat Lamaran Kerja Untuk Sales Marketing (Fresh Graduate)

Berikut merupakan contoh surat lamaran pekerjaan untuk sales marketing di perusahaan yang informasi lowongan pekerjaan diperoleh dari berbagai sumber atau media seperti dari website, dari seseorang, job fair dan lainnya. Sumber informasi tersebut dijadikan sebagai dasar dalam membuat surat lamaran pekerjaan. Selain itu, ada juga surat lamaran pekerjaan yang disusun atau dibuat berdasarkan atas kemauan atau inisiatif sendiri. Surat lamaran kerja untuk posisi ini termasuk dalam kategori surat lamaran kerja periklanan dan pemasaran.

Dari Seseorang

Salah satu sumber dalam mendapatkan informasi lowongan pekerjaan adalah melalui info dari seseorang. Info loker dari seseorang seperti dari teman, keluarga, kenalan dan lainnya. Kalian dapat menggunakan info dari seseorang ini untuk menyusun surat lamaran pekerjaan.

Contoh Application Letter Untuk Sales Marketing (Fresh Graduate) Berdasarkan Informasi Dari Seseorang

Labuhanbatu Utara, 10 Oktober 2021
Hal: Lamaran pekerjaan

Kepada Yth. 
HRD PT Tourezia Cakra Inspira
Jl. Padang Maninjau No. 37
Labuhanbatu Utara


Dengan hormat,
Berdasarkan informasi dari Bapak Sahabuddin. Salah satu karyawan yang bekerja di PT Tourezia Cakra Inspira, bahwa perusahaan tersebut membuka lowongan pekerjaan. Sehubungan dengan hal itu, melalui surat lamaran ini saya mengajukan diri untuk melamar pekerjaan untuk mengisi posisi Sales Marketing

Berikut data diri ringkas saya :

Nama         : .....
Tempat/Tanggal Lahir : .....
Jenis Kelamin         : .....
Status         : .....
Pendidikan         : .....
Alamat         : .....
Telepon         : .....

Saat ini saya dalam keadaan sehat jasmani dan rohani. Saya termasuk orang yang mudah beradaptasi dengan hal atau lingkungan baru. Saya dapat berkomunikasi dengan baik. Saya siap bekerja secara team/individual dan siap bekerja dibawah tekanan.

Melengkapi surat lamaran kerja ini, saya lampirkan juga kelengkapan berkas saya sebagai berikut :
  1. Daftar Riwayat Hidup
  2. Fotokopi Ijazah Terakhir
  3. Fotokopi Kartu Tanda Penduduk (KTP)
  4. Fotokopi Kartu Keluarga (KK)
  5. Fotokopi Surat Izin Mengemudi (SIM)
  6. Fotokopi Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK)
  7. Pasfoto 3×4 sebanyak 2 (dua) lembar

Demikian surat lamaran ini saya buat dengan sebenarnya. Atas perhatian serta kebijaksanaan Bapak/Ibu, saya mengucapkan banyak terima kasih.

Hormat saya,        

tanda tangan        

(Nama Pelamar Pekerjaan)


Job Fair

Job Fair atau bursa kerja adalah sebuah event atau kegiatan yang biasanya diselenggarakan baik dari pemerintah maupun swasta yang bertujuan sebagai wadah atau tempat bertemunya antara pihak pencari kerja dengan pihak yang sedang membuka lowongan pekerjaan.


Buru Selatan, 16 Maret 2021
Hal: Lamaran pekerjaan

Kepada Yth.
Manager HRD CV. Surya Artathama
Jl. Batu Tulis No. 57
Buru Selatan


Dengan hormat,
Berdasarkan informasi yang saya terima melalui bursa kerja (job fair) yang diadakan Disnaker Kota Buru Selatan di Convention Hall Simpang Lima Gumul pada tanggal 14 - 16 Maret 2021, bahwa CV. Surya Artathama sedang membutuhkan pekerja tambahan pada bagian Sales Marketing. Sehubungan dengan itu, saya bermaksud melamar pekerjaan untuk mengisi posisi tersebut.

Saya yang bertanda tangan dibawah ini :

Nama         : .....
Tempat Tanggal Lahir : .....
Jenis Kelamin         : .....
Alamat Lengkap : .....
Pendidikan         : .....
Agama         : .....
Status Perkawinan         : .....
No Telepon         : .....
Email         : .....

Sebagai bahan pertimbangan, berikut saya lampirkan beberapa berkas antara lain:
  1. Curriculum Vitae (CV)/Daftar Riwayat Hidup
  2. Fotokopi ijazah S-1
  3. Fotokopi transkrip nilai
  4. Fotokopi KTP
  5. Kartu Kuning (AK 1)
  6. Surat Keterangan Catatan Kepolisian
  7. Surat keterangan sehat dari dokter
  8. Sertifikat pelatihan
  9. Pasfoto terbaru

Saya memiliki harapan besar bisa di panggil Bapak/Ibu untuk interview kerja agar saya dapat menjelaskan lebih detail dan lengkap tentang diri saya.

Demikianlah yang dapat saya sampaikan. Atas perhatian Bapak/Ibu, saya ucapkan banyak terima kasih.

Hormat saya,        

tanda tangan        

(Nama Pelamar Pekerjaan)


Media Cetak

Media cetak seperti selebaran, koran, billboard, pamflet, poster dan media cetak lainnya juga dapat kalian gunakan sebagai dasar memperoleh informasi lowongan pekerjaan dan juga dapat dijadikan sebagai dasar dalam pembuatan surat lamaran pekerjaan.


Kubu Raya, 19 September 2021
Perihal     : Lamaran pekerjaan
Lampiran : 7 (tujuh) berkas

Kepada Yth.
Kepala Personalia PT. Sumber Buana Motor
Jl. Sungai Kakap No. 114
Kubu Raya


Dengan hormat,
Sesuai dengan iklan surat kabar harian Tribun tertanggal 18 September 2021, PT. Sumber Buana Motor sekarang ini menerima lowongan pekerjaan. Bersama surat lamaran pekerjaan ini, saya ingin mengajukan diri untuk bergabung dengan perusahaan yang Bapak/Ibu kelola sebagai Sales Marketing.

Berikut ini adalah biodata singkat saya:

Nama         : .....
Tempat, Tanggal Lahir : .....
Jenis Kelamin         : .....
Alamat         : .....
Pendidikan Terakhir : .....
Email         : .....
Nomor HP         : .....

Saya juga lampirkan kelengkapan data diri sebagai berikut.
  1. Daftar Riwayat Hidup
  2. Fotokopi Ijazah Terakhir
  3. Fotokopi KTP
  4. Fotokopi KK
  5. Fotokopi SKCK
  6. Fotokopi Surat Keterangan Sehat Dari Dokter
  7. Pasfoto ukuran 3x4 (2 lembar)

Saya berharap Bapak/Ibu Kepala Personalia untuk memberikan kesempatan kepada saya untuk interview kerja.

Demikianlah surat permohonan lamaran pekerjaan ini dibuat. Atas perhatian dan kebijaksanaan Bapak/Ibu, saya ucapkan banyak terima kasih.

Hormat saya,        

tanda tangan        

(Nama Pelamar Pekerjaan)


Media Sosial

Surat lamaran kerja dapat dibuat setelah calon pelamar mendapat informasi adanya lowongan kerja di lembaga, perusahaan atau badan usaha tertentu. Informasi itu dapat diperoleh salah satunya melalui media audio visual (media sosial) seperti Pinterest, instagram, twitter dan lainnya.

Contoh Application Letter Untuk Sales Marketing (Fresh Graduate) Berdasarkan Informasi Dari Media Sosial

Jakarta Utara, 22 Juli 2021
Kepada Yth.
Pimpinan PT. Tianwang technology indonesia
Jl. Semper Barat No. 57
Jakarta Utara


Dengan hormat,
Sehubungan dengan informasi lowongan pekerjaan di PT. Tianwang technology indonesia bagian Sales Marketing yang saya peroleh melalui media sosial instagram akun Loker Jakarta Utara, maka dengan ini saya :

Nama         : .....
Tempat, Tanggal Lahir : .....
Alamat         : .....
Pendidikan Terakhir : .....
Status         : .....
No. Telepon (HP)     : .....

bermaksud untuk mengajukan permohonan penempatan kerja pada bagian Sales Marketing. Sekarang ini saya mempunyai kondisi sehat baik rohani dan jasmani. Saya memiliki kemampuan presentasi dan negosiasi yang baik. Saya bisa bekerja sendiri maupun dengan team. Saya siap bekerja bekerja dengan target yang telah ditentukan perusahaan.

Untuk melengkapi persyaratan administrasi dan juga sebagai bahan pertimbangan Bapak/Ibu, bersama dengan ini saya lampirkan:
  1. Curriculum Vitae
  2. Fotokopi ijazah S1 (legalisir)
  3. Fotokopi transkrip nilai (legalisir)
  4. Fotokopi KTP
  5. Fotokopi SIM
  6. Surat Keterangan Berbadan Sehat dari Dokter
  7. Pasfoto terbaru ukuran 3×4 (3 lembar)

Demikianlah surat lamaran ini saya buat. Besar harapan saya untuk bisa bergabung di perusahaan yang Bapak/Ibu pimpin. Atas perhatian Bapak/Ibu, saya ucapkan banyak terima kasih.

Hormat saya,        

tanda tangan        

(Nama Pelamar Pekerjaan)


Website

Dasar penyusunan application letter dapat berupa sumber informasi yang didapatkan dari sebuah situs atau website. Kalian dapat mencoba mengecek situs resmi sebuah perusahaan karena biasanya banyak perusahaan yang mengumumkan info loker melalui halaman resminya. Atau kalian coba mengunjungi situs lowongan kerja yang ada seperti jobstreet, linkedin, karir, glints dan lainnya.


Dompu, 25 Agustus 2021
Hal: Lamaran pekerjaan

Kepada Yth.
Direktur Monroe Consulting Group
Jl. Anamina No. 102
Dompu


Dengan hormat,
Sesuai dengan informasi yang Saya peroleh di situs karir.com pada tanggal 24 Agustus 2021 mengenai lowongan kerja di Monroe Consulting Group. Bersama ini Saya mengajukan lamaran pekerjaan dan ingin bergabung dengan perusahaan yang Bapak/Ibu pimpin. Lowongan pekerjaan yang dimaksud adalah bagian Sales Marketing dengan kode (SM).

Berikut biodata singkat saya :

Nama         : .....
Tempat, Tanggal Lahir : .....
Jenis Kelamin         : .....
Alamat         : .....
Pendidikan Terakhir : .....
Nomor Handphone : .....
Email         : .....

Sebagai bahan pertimbangan, saya lampirkan beberapa berkas antara lain sebagai berikut: 
  1. Daftar Riwayat Hidup
  2. Fotokopi Ijazah S1
  3. Fotokopi Transkrip Nilai Akademik
  4. Fotokopi Kartu Tanda Penduduk
  5. Fotokopi Kartu Keluarga
  6. Fotokopi Sertifikat
  7. Pasfoto Warna 4x6 yang Terbaru

Demikian surat lamaran kerja ini saya buat. Atas perhatian dan kerjasama Bapak/Ibu, Saya ucapkan terima kasih.

Hormat saya,        

tanda tangan        

(Nama Pelamar Pekerjaan)


Inisiatif Sendiri/Tanpa Mencantumkan Sumber Informasi

Salah satu pilihan lain dalam membuat application letter adalah dibuat berdasarkan kemauan sendiri atau inisiatif sendiri. Format contoh surat ini hampir sama dengan contoh application letter yang dibuat tanpa mencantumkan sumber informasi dalam penulisan lamaran pekerjaan.


Gorontalo, 28 Juni 2021
Perihal     : Lamaran pekerjaan
Lampiran : 8 (delapan) berkas

Kepada Yth.
Personalia CV Permata Abadi Lightning
Jl. Biluhu Timur No. 672
Gorontalo


Dengan hormat,
Saya yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama         : .....
Tempat, tanggal lahir : .....
Jenis Kelamin         : .....
Agama         : .....
Status         : .....
Pendidikan terakhir        : .....
Alamat         : .....
Nomor HP         : .....

Berdasarkan keterangan diatas, saya berminat melamar pekerjaan sebagai Sales Marketing di CV Permata Abadi Lightning. Saya menyukai pekerjaan yang berhubungan dengan pekerjaan lapangan. Saya siap bekerja baik secara team maupun individu.

Sebagai bahan pertimbangan saya lampirkan :
  1. Curriculum Vitae (CV) : 1 lembar
  2. Fotokopi Kartu Tanda Penduduk : 1 lembar
  3. Fotokopi Kartu Keluarga : 1 lembar
  4. Fotokopi Ijazah terakhir : 1 lembar
  5. Fotokopi Transkrip Nilai : 1 lembar
  6. Fotokopi Surat Keterangan Catatan Kepolisian : 1 lembar
  7. Fotokopi Surat Keterangan Berbadan Sehat dari Rumah Sakit : 1 lembar
  8. Pasfoto Ukuran 4x6 cm : 2 lembar

Atas perhatian dan kesempatan yang Bapak/Ibu berikan, saya mengucapkan banyak terima kasih.

Hormat saya,        

tanda tangan        

(Nama Pelamar Pekerjaan)


Bagi Anda yang ingin dibuatkan contoh surat lamaran pekerjaan seperti format diatas dan juga ingin dibuatkan curriculum vitae (daftar riwayat hidup), dapat menghubungi kami melalui:
Facebook    : Tanpakoma
Instagram    : @tanpakomaofficial
Email          : mr300592@gmail.com
Pembayaran dapat dilakukan pada saat ANDA DITERIMA KERJA dan dapat dibayar dengan SEIKHLASNYA. 😊😊😊


Akhir Kata

Demikianlah contoh surat lamaran kerja untuk Sales Marketing (fresh graduate) yang baik dan benar. Tingkatkanlah kemampuan softskill dan hardskill kalian karena kalian akan bersaing dengan banyaknya orang yang mencari pekerjaan dan tentunya dengan softskill dan hardskill yang ada diatas rata-rata akan menjadi nilai lebih pada saat kalian dalam proses interview kerja. 

0 Response to "Contoh Surat Lamaran Kerja Untuk Sales Marketing (Fresh Graduate)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Bawah Artikel