Contoh Surat Lamaran Kerja Untuk Barista (Fresh Graduate)

Sebagai seorang yang pertama kali melamar pekerjaan atau fresh graduate, diperlukan surat lamaran kerja yang digunakan sebagai langkah awal dalam melamar sebuah pekerjaan. Nah, disini tanpakoma akan berbagi beberapa contoh surat lamaran kerja untuk Barista yang dapat dipakai ketika melamar pekerjaan nantinya. Surat lamaran kerja untuk Barista termasuk dalam kategori surat lamaran kerja untuk Restoran Dan Cafe (Kasir, Barista, Resepsionis, Dll).

Contoh Surat Lamaran Pekerjaan Untuk Barista (Fresh Graduate)

Sekarang banyak orang yang membutuhkan lamaran kerja sebagai barista karena kebanyakan orang senang nongkrong di kedai kopi atau di cafe. Ada banyak tempat usaha yang menyediakan berbagai jenis minuman khususnya kopi yang tentunya membutuhkan seorang barista untuk membuat, menyiapkan dan menyajikan kopi.

Menjadi seorang barista diperlukan kemauan dan semangat untuk belajar karena para pemilik kedai kopi atau coffee shop bersedia mengajari para calon barista mereka. Selain itu diperlukan ketekunan, kesabaran dan ketelitian untuk menjadi seorang barista. Lengkaplah rasanya apabila Anda seorang penikmat dan pecinta kopi yang memudahkan Anda menjadi seorang Barista. Komunikasi yang baik kepada pelanggan akan menjadi nilai tambah di mata para pelanggan.

Sistematika surat lamaran pekerjaan mencakup tempat dan tanggal pembuatan surat, lampiran dan hal, alamat surat, salam pembuka, alinea pembuka, isi, penutup, salam penutup, tanda tangan dan nama terang.

Contoh Surat Lamaran Kerja Untuk Barista (Fresh Graduate)

Berikut contoh surat lamaran pekerjaan untuk Barista dapat digunakan pada saat melamar kerja. Surat ini dibuat berdasarkan inisiatif sendiri dan dibuat berdasarkan berbagai sumber atau informasi yang diperoleh melalui media cetak, media sosial, website, job fair dan dari seseorang.

Media Sosial

Dibawah ini contoh surat lamaran kerja untuk barista (fresh graduate) yang sumber atau informasinya didapatkan dari media sosial seperti instagram, group facebook, dll).

Contoh Surat Lamaran Pekerjaan Untuk Barista (Fresh Graduate) Berdasarkan Informasi Dari Media Sosial


Musi Rawas Utara, 14 April 201
Perihal      : Lamaran pekerjaan
Lampiran : 6 (enam) berkas

Yth. Pimpinan Hibi Cafe
Jl. Pasar Surulangun No. 47
Musi Rawas Utara


Dengan hormat,
Sesuai dengan iklan penawaran lowongan pekerjaan dari Hibi Cafe, yang termuat di akun instagram @lokermusirawasutara pada tanggal 12 April 2021. Bersama surat ini saya bermaksud mengajukan diri untuk bergabung di perusahaan yang Bapak/Ibu pimpin sebagai Barista.

Berikut ini data singkat tentang diri saya:

Nama         : .....
Tempat/ Tanggal Lahir : .....
Alamat         : .....
Pendidikan Terakhir : .....
Status Pernikahan         : .....
No HP         : .....
Email         : .....

Saat ini saya dalam keadaan sehat jasmani dan rohani, saya adalah seorang fresh graduate yang mempunyai tekad dan kemauan untuk belajar sehingga nantinya dapat berguna bagi Perusahaan Bapak/Ibu.

Sebagai bahan pertimbangan, saya lampirkan:
  1. Pasfoto terbaru Ukuran 3x4 sebanyak 2 (dua) lembar;
  2. Curriculum Vitae sebanyak 1 (satu) lembar;
  3. Fotokopi ijazah terakhir sebanyak 1 (satu) lembar;
  4. Fotokopi KTP Elektronik sebanyak 1 (satu) lembar;
  5. Fotokopi SKCK sebanyak 1 (satu) lembar; dan
  6. Surat Keterangan Berbadan Sehat dari Dokter sebanyak 1 (satu) lembar.

Saya berharap Bapak/Ibu bersedia untuk memberikan saya kesempatan ke tahap selanjutnya sehingga saya dapat menjelaskan secara lebih rinci tentang potensi dan kemampuan yang saya miliki.

Demikian surat permohonan lamaran pekerjaan ini. Atas perhatian dan kebijaksanaan Bapak/Ibu, saya ucapkan banyak terima kasih.

Hormat saya,        

tanda tangan        

(Nama Pelamar Pekerjaan)


Website

Dibawah ini contoh surat lamaran kerja untuk barista (fresh graduate) yang sumber atau informasinya didapatkan melalui website resmi (perusahaan atau instansi) dan website kumpulan lowongan pekerjaan misalnya Jobstreet, karir.com, linkedIn dan lain-lain.


Brebes, 23 Januari 2021
Hal  : Lamaran pekerjaan

Yth. HRD Champ Resto Indonesia
Jl. Gandasuli No. 39
Brebes


Dengan hormat,
Berdasarkan informasi yang telah saya dapatkan dari website lowongan pekerjaan Glints tertanggal 21 Januari 2021 mengenai lowongan pekerjaan di Champ Resto Indonesia. Melalui surat lamaran yang saya buat ini saya ingin mengajukan diri untuk melamar pekerjaan di perusahaan yang Bapak/Ibu untuk mengisi posisi yang dibutuhkan saat ini yaitu sebagai Barista

Berikut profil singkat saya :

Nama         : .....
Tempat/Tanggal Lahir : .....
Jenis Kelamin         : .....
Pendidikan         : .....
Alamat         : .....
Telepon         : .....

Untuk melengkapi berkas yang dipersyaratkan, berikut saya lampirkan:
  1. Pasfoto warna terbaru
  2. Daftar Riwayat Hidup
  3. Fotokopi KTP
  4. Fotokopi Ijazah Terakhir
  5. Fotokopi SKCK
  6. Fotokopi Sertifikat

Demikian surat lamaran ini saya buat dengan sebenarnya dan atas perhatian dan kebijaksanaan Bapak/Ibu, saya ucapkan terima kasih.

Hormat saya,        

tanda tangan        

(Nama Pelamar Pekerjaan)


Baca Juga:
Contoh Surat Lamaran Kerja Barista Fresh Graduate (Bahasa Inggris)


Dari Seseorang

Berikut contoh surat lamaran pekerjaan untuk barista (fresh graduate) yang sumber/informasinya diperoleh melalui seseorang seperti keluarga, kenalan dan lain-lain.


Pasaman, 18 Mei 2021
Yth. Pimpinan Southern Coffee House
Jl. Durian Tinggi No. 37
Pasaman


Dengan hormat,
Berdasarkan informasi yang saya dapatkan dari Pak Suardi karyawan Bapak/Ibu, bahwa Southern Coffee House sedang membutuhkan seorang Barista. Dengan surat lamaran kerja ini saya memiliki maksud agar dapat bergabung dengan perusahaan yang Bapak/Ibu Pimpin untuk mengisi posisi tersebut.

Berikut ini adalah biodata singkat saya

Nama     : .....
Tempat / tgl. Lahir     : .....
Jenis Kelamin     : .....
Pendidikan Terakhir    : .....
Alamat     : .....
No. Telepon     : .....

Saat ini saya dalam kondisi sehat baik jasmani maupun rohani. Saya mengutamakan kejujuran dan kerja keras. Saya bersedia lembur apabila diperlukan.

Untuk menjadi pelengkap beberapa data yang diperlukan sebagai bahan pertimbangan Bapak/Ibu pimpinan di masa yang akan datang, saya juga lampirkan kelengkapan data diri sebagai berikut.
  1. Daftar Riwayat Hidup
  2. Fotokopi KTP
  3. Fotokopi KK
  4. Fotokopi SKCK
  5. Fotokopi Ijazah Terakhir
  6. Pasfoto terbaru

Saya memohon Bapak/Ibu sekiranya berkenan meluangkan waktu untuk memberikan kesempatan wawancara, sehingga saya bisa memberikan penjelasan dengan lebih lengkap mengenai potensi diri saya.

Demikian surat permohonan ini saya buat. Atas perhatian dan kebijaksanaan Bapak/Ibu, saya sampaikan terima kasih.

Hormat saya,        

tanda tangan        

(Nama Pelamar Pekerjaan)


Baca Juga:
Contoh Surat Lamaran Kerja Barista Berpengalaman (Bahasa Indonesia)


Media Cetak

Berikut contoh surat lamaran pekerjaan untuk barista (fresh graduate) yang informasi atau sumbernya berasal dari media cetak seperti surat kabar, baliho dan lain-lain

Contoh Surat Lamaran Pekerjaan Untuk Barista (Fresh Graduate) Berdasarkan Informasi Dari Media Cetak


Tangerang, 17 Maret 201
Hal: Lamaran pekerjaan

Yth. HRD Flash Coffee
Jl. Curug Kulon No. 95
Tangerang


Dengan hormat,
Sesuai dengan informasi lowongan pekerjaan dari Flash Coffee yang dimuat di harian Tribun tertanggal 15 Maret 2021. Bersamaaan dengan surat ini saya mengajukan diri untuk melamar pekerjaan di perusahaan Bapak/Ibu sebagai Barista.

Data singkat saya, seperti berikut ini.

Nama         : .....
Tempat, tanggal lahir : .....
Pendidikan Akhir         : .....
Alamat         : .....
Telepon (HP)         : .....
e-mail         : .....
Status Perkawinan         : .....

Saya berada pada keadaan jasmani rohani yang sehat dan baik. Saya adalah orang yang tekun, sabar, dan teliti serta saya seorang pecinta kopi sehingga saya merasa cocok untuk melamar pekerjaan ini. Saya dapat berkomunikasi dengan baik sehingga dapat membangun hubungan yang baik dengan pelanggan.

Untuk digunakan sebagai bahan pertimbangan, saya lampirkan :
  1. Curriculum Vitae
  2. Fotokopi Kartu Tanda Penduduk (KTP)
  3. Fotokopi Kartu Keluarga (KK)
  4. Fotokopi Ijazah Terakhir
  5. Fotokopi Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK)
  6. Fotokopi Surat Keterangan Berbadan Sehat dari Dokter
  7. Pasfoto terbaru ukuran 4x6 sebanyak 2 (dua) lembar

Saya berharap diberikan kesempatan menjadi salah satu bagian dari perusahaan Bapak/Ibu agar saya dapat memberikan potensi dan kemampuan saya miliki.

Demikianlah surat lamaran kerja ini saya buat dengan sebenar-benarnya dan sejujur-jujurnya, dan atas perhatian serta kerjasama dari Bapak/Ibu, saya ucapkan banyak terima kasih.

Hormat saya,        

tanda tangan        

(Nama Pelamar Pekerjaan)


Baca Juga:
Contoh Curriculum Vitae Barista Berpengalaman (Bahasa Indonesia)


Job Fair

Dibawah ini contoh surat lamaran kerja untuk barista (fresh graduate) yang informasi/sumbernya didapat dari Bursa kerja (Job fair) yang biasanya diselenggarakan oleh Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi kota, provinsi atau pusat.


Lingga, 24 Desember 2020
Perihal     : Lamaran pekerjaan
Lampiran : 6 (enam) berkas

Yth. HRD Susani Group
Jl. Daik No. 71
Lingga


Dengan hormat,
Sesuai dengan informasi lowongan pekerjaan pada Bursa Kerja (Job Fair), 22-24 Desember 2020 di GrandMall yang diadakan oleh Dinas Tenaga Kerja Lingga bahwa perusahaan Bapak/Ibu membuka lowongan pekerjaan untuk mengisi posisi sebagai Barista. Melalui surat ini saya mengajukan diri untuk berkontribusi di Susani Group.

Data singkat saya, seperti berikut ini.

Nama : .....
Tempat, tgl. lahir : .....
Pendidikan Akhir : .....
Alamat : .....
Telepon (HP) : .....
e-mail : .....
Status Perkawinan : .....

Saya berada pada keadaan jasmani rohani yang sehat dan baik. Saya dapat berkomunikasi dengan baik dan saya siap bekerja sebagai tim maupun individu.

Untuk digunakan sebagai bahan pertimbangan, saya lampirkan :
  1. Daftar Riwayat Hidup/Curriculum Vitae
  2. Fotokopi KTP
  3. Fotokopi KK
  4. Fotokopi SKCK
  5. Fotokopi ijazah
  6. Pasfoto terbaru ukuran 3x4 (2 lembar)

Demikian surat lamaran kerja ini. Atas perhatian dan kerjasama Bapak/Ibu. Saya ucapkan terima kasih.

Hormat saya,        

tanda tangan        

(Nama Pelamar Pekerjaan)


Inisiatif Sendiri

Berikut contoh surat lamaran kerja untuk barista (fresh graduate) yang dibuat berdasarkan inisiatif sendiri.


Bondowoso, 12 Februari 2021
Yth. Pimpinan Elora Coffee
Jl. Tenggarang No. 74
Bondowoso

Dengan hormat,
Saya yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama         : .....
Tempat, Tanggal Lahir : .....
Jenis Kelamin         : .....
Pendidikan terakhir         : .....
Alamat         : .....
Telepon         : .....

Dengan ini saya mengajukan permohonan kerja atas inisiatif sendiri sebagai Barista pada Elora Coffee yang Bapak/Ibu Pimpin. Saya adalah orang yang rapi, teliti dan juga tepat waktu. Saya berharap dengan kepribadian saya miliki ini dapat membantu saya untuk bekerja sebagai Barista dan menjalankan pekerjaan dengan baik dan tepat waktu. 

Sebagai bahan pertimbangan Bapak/ Ibu, berikut ini saya lampirkan sejumlah dokumen penting :
  1. Daftar Riwayat Hidup (CV) : satu lembar
  2. Fotokopi KTP : satu lembar
  3. Fotokopi Ijazah SMA : satu lembar
  4. Pas Foto 4 x 6 : dua lembar

Demikian surat permohonan kerja ini saya buat, besar harapan saya untuk dapat diterima di perusahaan Bapak/Ibu. Atas perhatian dan kerjasama Bapak/Ibu, saya ucapkan terima kasih.

Hormat saya,        

tanda tangan        

(Nama Pelamar Pekerjaan)


Bagi Anda yang ingin dibuatkan contoh surat lamaran pekerjaan seperti format diatas dan juga ingin dibuatkan curriculum vitae (daftar riwayat hidup), dapat menghubungi kami melalui:
Facebook    : Tanpakoma
Instagram    : @tanpakomaofficial
Email          : mr300592@gmail.com
Pembayaran dapat dilakukan pada saat ANDA DITERIMA KERJA dan dapat dibayar dengan SEIKHLASNYA. 😊😊😊


Akhir Kata

Demikianlah contoh surat lamaran kerja untuk barista (fresh graduate) yang baik dan benar. Jika ada teman-teman butuh file surat diatas dalam bentuk file word, silahkan tinggalkan nama email Anda di kolom komentar. Semoga bermanfaat!

0 Response to "Contoh Surat Lamaran Kerja Untuk Barista (Fresh Graduate)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Bawah Artikel