Contoh Izin Sakit Siswa SD/MI, SMP/MTs, Dan SMA/MA/SMK Lewat WhatssApp (WA)

Contoh Izin Sakit Siswa SD/MI, SMP/MTs, Dan SMA/MA/SMK Lewat WhatssApp (WA)

Kali ini tanpakoma akan berbagi informasi tentang contoh izin sakit siswa SD/MI, SMP/MTs, dan SMA/MA/SMK lewat WhatssApp (WA). Seperti yang kita ketahui, zaman sekarang teknologi semakin membantu dan mempermudah dalam aktivitas sehari-hari. Teknologi dapat digunakan sebagai salah satu media komunikasi dan pemberian informasi. Nah, Salah satu media populer sekarang yang sering digunakan adalah aplikasi WhatsApp atau yang sering kita kenal dengan WA.

Dalam lingkup sekolah salah satu manfaat penggunaan WA adalah kita dapat saling terhubung atau terkoneksi baik antara guru, siswa, orang tua/wali siswa dan pihak terkait dengan dunia pendidikan. Sebagai media komunikasi antara guru/wali kelas dengan orang tua/wali, aplikasi WA biasanya digunakakan oleh orang tua/wali siswa untuk memberikan pemberitahuan berupa ketidak hadiran anaknya (siswa) dalam mengikuti proses belajar mengajar di kelas (izin). Apabila orang tua/wali belum sempat membuat surat izin sakit, biasanya orang tua/wali siswa akan mengirimkan pesan  melalui WA.

Tapi ada kalanya ada siswa yang jail yang berpura-pura izin mengirimkan pesan WA kepada guru dengan alasan sakit padahal dia dalam keadaan baik-baik saja, cuma siswanya memang yang malas atau tidak mau mengikuti proses belajar mengajar. Nah, Untuk memberikan informasi yang baik dan jelas kepada guru mengenai izin sakit, Anda perlu memperhatikan hal berikut.

  1. Melampirkan surat keterangan dari pihak Rumah Sakit, Puskesmas atau Dokter Praktek. Terlebih dahulu ketik pesan atau chat yang berisi izin sakit kemudian kirim chat tersebut. Setelah itu foto surat keterangan dokter yang ada kemudian kirim sebagai lampiran chat. Apabila nanti sudah sehat, nantinya surat dokternya dibawah ke sekolah agar pihak sekolah menyimpan sebagai arsip mereka.
  2. Bagi yang belum sempat ke Puskesmas, Rumah Sakit atau Dokter Praktek, Usahakan mengirimkan foto atau video anak yang sakit. Caranya yaitu untuk yang mengirim foto maka yang dilakukan adalah orang tua/wali berada disamping anak yang yang lagi sakit kemudian di ambil gambar/fotonya. Untuk video caranya  hampir sama yaitu orang tua/wali berada disamping anak kemudian direkam yang durasinya tidak terlalu panjang antara 15-30 detik saja. Terlebih dahulu kirim chat atau pesan pemberitahuan izin sakit kemudian kirim lampiran foto atau video tadi.

Untuk Penulisan teks surat izin perhatikan hal-hal berikut ini.

  • Perhatikan Waktu: Perhatikan kapan Anda mengirim WA, usahakan bukan pada waktu istirahat atau beribadah
  • Penggunaan Bahasa: Gunakan bahasa yang baik dan sopan, jangan menggunakan kata yang disingkat misalnya jg, lg, kpn, otw dan kata singkat lainnya.
  • Salam Pembuka: Tulislah salam pembuka misalnya selamat pagi, selamat siang, Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh, atau salam pembuka lainnya.
  • Kata Permohonan atau penghormatan: Misalkan mohon maaf, minta maaf, mohon maaf sebelumnya, dengan hormat.
  • Isi surat: yang terdiri atas 3 bagian, pembuka yang berisi identitas siswa yang meminta izin, inti yang berisi alasan kenapa yang siswa yang bersangkutan meminta izin, penutup yang berisi penyampaian permintaan maaf serta ucapan terima kasih atas diberikannya izin.
  • Salam penutup, sebagai bentuk penghormatan kepada Bapak/Ibu guru.
  • Nama penulis surat: berisi orang tua/wali yang menulis surat.

Nah, berikut contoh izin sakit siswa SD/MI, SMP/MTs, dan SMA/MA/SMK melalui atau lewat WhatssApp (WA)

Contoh 1

Contoh Izin Sakit Siswa SD/MI, SMP/MTs, Dan SMA/MA/SMK Lewat WhatssApp (WA)

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Mohon maaf sebelumnya telah mengganggu Bapak/Ibu Guru. Disini saya selaku orang tua/wali dari
Nama
NISN
Kelas :
Alamat :
memberitahukan kepada Bapak/Ibu Guru di tempat, bahwa anak tersebut tidak dapat mengikuti mata pelajaran pada hari ini dikarenakan sedang sakit demam. Oleh karena itu, kami selaku orang tua/wali siswa memohon agar Bapak/Ibu Guru memberikan izin kepada anak kami untuk tidak mengikuti proses belajar mengajar di kelas.

Atas perhatian dan kebijaksanaan Bapak/Ibu Guru saya ucapkan terima kasih.

Hormat Kami,
Nama orang tua/wali siswa

Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Contoh 2

Selamat Pagi.
Yang terhormat Bapak/Ibu Guru Wali Kelas... SD/SMP/SMA...

Dengan hormat,
Dengan ini saya selaku orang tua/wali siswa dari:
Nama :
NISN :
Kelas :
Alamat :
melalui pesan ini kami memberitahukan bahwa anak kami pada hari ini Kamis, 20 Maret 2021 tidak dapat mengikuti proses belajar mengajar sebagaimana biasa dikarenakan sakit (Demam). Untuk itu kami memohon kepada Bapak/Ibu guru agar memberikan izin sampai anak kami sembuh dan bisa belajar seperti biasa.

Atas perhatian Bapak/Ibu kami ucapkan terima kasih.

Hormat kami,
Nama orang tua/wali siswa

Contoh 3

Contoh Izin Sakit Siswa SD/MI, SMP/MTs, Dan SMA/MA/SMK Lewat WhatssApp (WA)

Selamat Siang Bapak/Ibu Guru.....
Mohon maaf sebelumnya, Saya orang tua dari
Nama :
NISN :
Kelas :
Alamat :
dengan ini bermaksud memberitahukan bahwa anak kami dengan nama tersebut diatas sedang dalam keadaan sakit. Atas saran dokter, siswa tersebut diatas pun harus beristirahat total selama dua hari. Adapun surat keterangan sakit dari dokter sudah kami lampirkan bersama dengan pesan ini.

Demikian permohonan izin ini dibuat. Atas perhatian Bapak/Ibu guru, kami mengucapkan banyak terima kasih.

Hormat kami,
Nama Orang tua/Wali Siswa

Contoh 4

Selamat pagi dan salam sejahtera
Bapak/Ibu Guru Wali Kelas... SD/SMP/SMA...

Dengan hormat,
Dengan ini saya selaku orang tua/wali siswa dari:
Nama :
NISN :
Kelas :
Alamat :
memberitahukan bahwa anak saya tersebut tidak dapat mengikuti pelajaran seperti biasanya dikarenakan sakit. Oleh karenanya kami selaku orang tua siswa memohon kepada Bapak/Ibu Guru Wali Kelas.... untuk berkenan memberikan izin.

Atas perhatian Bapak/Ibu Guru kami sampaikan terima kasih.

Hormat kami,
Nama Orang tua/Wali Siswa

Contoh 5

Selamat Pagi, 
Bapak/Ibu Guru Wali Kelas....SD/SMP/SMA....
Salam Sejahtera dan semoga selalu dalam lindungan-Nya

Dengan hormat,
Dengan ini kami orang tua/wali siswa dari :
Nama :
NISN :
Kelas :
Alamat :
memberitahukan bahwa anak kami tidak dapat mengikuti pelajaran seperti biasa pada hari ini, Kamis, 24 Februari dikarenakan sakit demam berdarah yang mengharuskannya istirahat total. Oleh karena itu kami memohon kepada Bapak/Ibu Guru Wali Kelas...... agar berkenan memberikan izin. Bersamaan dengan pesan ini, kami melampirkan surat keterangan dari dokter rumah sakit.

Atas perhatian dan kebijaksanaan Bapak/Ibu Guru saya ucapkan banyak terima kasih

Hormat kami,
Orang tua/Wali Siswa

Akhir Kata

Demikianlah contoh izin sakit siswa SD/MI, SMP/MTs, dan SMA/MA/SMK lewat WhatssApp (WA). Apabila kondisi memungkinkan, ada baiknya izin yang diketik dalam bentuk pesan lewat WA ini ditulis dalam bentuk surat izin sakit. Tetaplah saling menjaga komunikasi yang baik dan tulislah kata-kata yang sopan dalam WA serta perhatikan waktu-waktu yang tepat pada saat mengirim pesan.

0 Response to "Contoh Izin Sakit Siswa SD/MI, SMP/MTs, Dan SMA/MA/SMK Lewat WhatssApp (WA)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Bawah Artikel