Cara Memperkecil (Mengkompres) Ukuran File PDF

Untuk artikel ini, saya akan mencoba berbagi informasi bagaimana cara untuk memperkecil/mengkompres file PDF sehingga ukuran atau kapasitas dari filenya itu berukuran kecil (pdf minimize) dari kapasitas awalnya. Kompres file ini biasanya digunakan pada saat mengirim berkas lamaran kerja, berkas persyaratan pendaftaran CPNS atau hal lainnya yang mempersyaratkan dokumen tersebut berada pada ukuran atau kapasitas yang ukurannya lebih rendah (smaller pdf).

Cara Memperkecil (Mengkompres) Ukuran File PDF

Misalkan disini ada sebuah file dalam bentuk PDF dimana dokumen tersebut mempunyai ukuran atau kapasitas sekitar 1,2 MB tetapi saya ingin agar file ini kapasitasnya menjadi lebih kecil misalnya ukurannya kurang dari 200 kb maka kita akan melakukan pengurangan kapasitas dengan kompres dokumen (pres file pdf). Kompres dokumen bertujuan untuk mengubah ukuran atau kapasitas berkas tersebut.


Sebenarnya terdapat berbagai metode/panduan dalam melakukan compressing document diantaranya kompres file menggunakan aplikasi untuk memperkecil ukuran file dan memakai website (online). Tapi untuk panduan berikut, saya hanya berbagi informasi tentang cara memperkecil ukuran file PDF menggunakan website. Anda dapat melakukan kompres file melalui Komputer (PC), laptop maupun smartphone dengan syarat terkoneksi dengan internet karena akan dilakukan secara online. Disini saya menggunakan komputer untuk memperkecil ukuran file. Nah berikut cara resize file pdf atau cara mengkompres ukuran file pdf.

Buka web browser boleh pakai Mozilla, Google Chrome atau apapun yang tersedia silahkan terserah teman-teman.

Kemudian akses atau buka halamannya Google lalu tuliskan kata kuncinya "kompres .pdf". Nanti akan tampil macam-macam atau banyak sekali situs yang menyediakan layanan untuk mengkompres file PDF secara online.

Cara Memperkecil (Mengkompres) Ukuran File PDF
Website kompres file PDF

Disini saya coba yang memakai website smallpdf dan web ilovepdf. Saya tidak menyarankan website yang mana tapi silahkan teman-teman eksplorasi sendiri mana yang dirasa paling bagus yang paling cepat prosesnya.

smallpdf

  • Buka website smallpdf , silahkan klik "pilih file" lalu cari serta masukkan file pdf yang akan dikompres di folder penyimpanan komputer Anda
Cara Memperkecil (Mengkompres) Ukuran File PDF
Pemilihan file PDF
  • Tunggu sampai selesai terupload. Semakin besar filenya maka biasanya proses upload download dan proses kompresinya itu akan semakin lama ini yang saya upload.
  • Apabila berkas telah terunggah, maka akan ditampilkan 2 opsi yaitu kompresi dasar serta kompresi kuat. Untuk kompresi kuat sifatnya premium artinya kita harus membayar tapi untuk yang kompresi dasar kita dapat pakai secara gratis. disini saya menggunakan kompresi dasar dengan cara klik tanda bundalan (o) di kompresi dasar lalu klik "pilih opsi" maka file akan di kompres, tunggu hingga selesai.

Cara Memperkecil (Mengkompres) Ukuran File PDF
Opsi Pilihan

Pilih "unduh" untuk menyimpan hasil kompres file tersebut di penyimpanan komputer atau laptop Anda.

ilovepdf

  1. Hampir sama dengan smallpdf, silahkan Anda pilih website ilovepdf
  2. Klik "pilih file PDF" lalu masukkan filenya
  3. Setelah itu akan muncul tiga pilihan kompresi Ekstrim (kualitas kurang, kompresi tinggi), kompresi yang disarankan (kualitas bagus, kompresi bagus) dan kompresi rendah (kualitas tinggi, kompresi kurang). Saya biasanya menggunakan kompresi yang disarankan.
  4. Kemudian pilih kompres PDF
  5. Tunggu hingga selesai proses kompres dan secara otomatis akan terunduh di penyimpanan perangkat Anda.

Akhir kata, demikianlah cara memperkecil ukuran file PDF. khusus ilovepdf biasanya saya juga sering gunakan untuk konversi PDF ke JPG, Word ke PDF serta ekstensi file lainnya. Semoga bermanfaat. kalau ada yang belum dimengerti silahkan tuliskan di kolom komentar.

0 Response to "Cara Memperkecil (Mengkompres) Ukuran File PDF"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Bawah Artikel