HP Android Anda Lambat (Lemot), Begini Cara Mengatasinya!

Dari hari ke hari dan seiring berjalannya waktu, HP Android yang biasa Anda gunakan akan semakin melambat atau semakin lemot. Hal ini tentu biasanya membuat kita merasa jengkel pada saat memakai HP bahkan sampai-sampai ingin membanting ponsel yang kita miliki.

HP Android Anda Lambat (Lemot), Begini Cara Mengatasinya!

Terdapat berbagai macam faktor yang dapat menyebabkan HP lambat baik itu dari faktor internal maupun faktor eksternal. Dari faktor internal, penyebabnya seperti memori internal yang terlalu penuh, penggunaan aplikasi yang yang terlalu banyak dan beberapa faktor internal lainnya. Sedangkan untuk faktor eksternal penyebabnya seperti terkena cipratan air, hp yang ditekan dan guncangan HP.

Untuk artikel kali ini, Kita akan bahas khusus permasalahan internal dan berbagi cara mengatasinya agar HP Android Anda tidak lagi dalam keadaan lemot atau lambat. Semoga dengan membaca artikel ini dapat membantu Anda dalam hal memperbaiki kinerja ponsel agar dapat berjalan secara baik dan berjalan dengan optimal.

1. Rapikan dan Bersihkan Memori Internal

Penyimpanan file atau data yang hanya terfokus pada ruang penyimpanan internal menyebabkan terjadinya penumpukan data pada memori internal tersebut. Terdapat beberapa data yang sudah tidak terpakai lagi atau jarang dipakai tetapi masih berada dalam memori internal. Selain itu juga ada beberapa file cache atau data sampah yang juga berada didalam memori internal yang berimbas pada kinerja ponsel akan menurun.

Untuk mengatasi hal tersebut, ada baiknya data dipindahkan ke media penyimpanan lain dan penyimpanan yang mempunyai ruang yang cukup besar misalkan memindahkan ke memori eksternal, Hardisk eksternal, laptop atau pc dan penyimpanan lainnya. Untuk file yang sering tidak digunakan atau file jarang dipakai silahkan dihapus juga atau pindahkan ke penyimpanan lain. Sedangkan untuk file sampah atau cache sebaiknya juga dibersihkan.

2. Batasi Pemakaian Widget

Widget biasanya digunakan untuk memperindah tampilan layar Ponsel. Hal ini memang banyak digemari oleh para pengguna HP. Tapi tanpa Anda sadari, Penggunaan widget dapat mengambil pemakaian RAM yang cukup besar sehingga kinerja HP menjadi sedikit melambat.

Untuk meminimalisir hal tersebut, sebaiknya jangan terlalu banyak menggunakan widget. Gunakanlah widget hanya untuk yang penting saja misalkan widget jam saja sudah cukup.

3. Hapus atau Kurangi Aplikasi Yang Tidak Dipakai

Banyaknya aplikasi yang terpasang membuat ponsel semakin memperburuk kinerja HP hal ini disebabkan karena akan terjadi penambahan file terhadap aplikasi yang terinstall sehingga menyebabkan ruang penyimpan semakin menipis. Hal ini juga diperparah dengan jumlah kapasitas RAM yang semakin berkurang. Dengan banyaknya aplikasi terinstall, tanpa disadari banyak aplikasi dengan sistem operasi yang berjalan di belakang layar sehingga menyebabkan HP menjadi lambat.

Saran kami, agar hal tersebut dapat diminimalisir cara memfilter yaitu menghapus aplikasi yang tidak atau jarang digunakan. Kalau perlu gunakan aplikasi yang tidak menyimpan terlalu banyak file misalnya menggunakan aplikasi ringan seperti facebook lite, instagram lite dan beberapa aplikasi lainnya.

4. Matikan Aplikasi yang Berjalan Otomatis

Ada beberapa aplikasi yang diinstal sendiri misal melalui playstore atau aplikasi yang berasal dari pabrikan ponsel sendiri yang berjalan secara otomatis dari balik layar tanpa diketahui. Khusus untuk aplikasi yang berasal dari pabrikan HP ada beberapa yang tidak bisa dihapus yang biasanya disebut bloatware. Aplikasi ini biasanya terus berjalan otomatis di belakang layar meskipun tidak pernah digunakan. Hal ini tentu dapat mengurangi kinerja HP.

Untuk mengatasi hal tersebut, Sebaiknya matikan aplikasi yang berjalan otomatis yang tidak Anda gunakan. Untuk aplikasi bloatware dapat dihentikan dengan cara disable sehingga aplikasi tersebut tidak lagi berjalan secara otomatis.

5. Perbaharui Sistem dan Aplikasi

Aplikasi yang tidak terupdate juga biasanya menjadi salah satu penyebab HP menjadi lambat. Hal ini terjadi karena berkurangnya kesesuain antara aplikasi dengan sistem yang dipakai. begitupun sebaliknya, sistem yang baru perlu juga disesuaikan dengan perangkat yang baru. Selain itu, aplikasi versi yang lama yang mempunyai beberapa bug yang menyebabkan terjadinya penurunan kinerja software tersebut sehingga menyebabkan kinerja HP juga ikut menurun. 

Untuk itu, rajinlah dalam mengecek kemudian meng-update aplikasi dan sistem ponsel ke versi terbaru agar terjadi kesesuaian antara sistem dan aplikasi serta terjadi perbaikan bug sehingga kinerja ponsel menjadi lebih baik. 

6. Bersihkan Virus Yang Ada Di Ponsel

Virus memang tak asing lagi buat kita, virus menjadi hal yang menakutkan untuk semua perangkat dan sistem yang berada didalamnya. Virus bisa saja menjadi salah satu penyebab HP menjadi bertambah lemot.

Untuk mengatasi hal tersebut, Anda dapat menggunakan aplikasi Anti-Virus yang dapat digunakan untuk menghapus virus yang ada di ponsel. Gunakanlah aplikasi anti-virus yang betul-betul dapat menghapus virus yang ada. Atau Anda juga dapat mencoba menghapus virus tanpa menggunakan aplikasi.

7. Factory Reset atau Format Ulang

Apabila sudah banyak aplikasi di terinstall, memori yang sudah hampir penuh, sudah banyak sampah atau cache dan terlalu banyak virus yang ada di ponsel serta beberapa pengaturan sistem dan aplikasi yang salah sehingga meneyebabkan kinerja HP menjadi semakin lambat.

Hal terakhir yang dapat dilakukan adalah dengan melakukan factory reset yaitu dengan mereset ponsel kembali ke pengaturan awal pabrik. Selain cara itu hal yang dapat dilakukan adalah dengan melakukan instal ulang atau memformat ulang software dan sistem yang digunakan.

Demikianlah beberapa faktor internal yang dapat menyebabkan HP Android Anda menjadi lemot atau lambat, semoga bermanfaat!

0 Response to "HP Android Anda Lambat (Lemot), Begini Cara Mengatasinya!"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Bawah Artikel